Bagaimana Cara Mengoperasikan Google Calendar ??

Dewasa ini semakin banyak akun dengan kegunaan yang beraneka ragam. Contohnya pada anda yang memiliki akun Google, dapat mengoperasikan Google Calendar, membuat form, membuat powerpoint, sampai menyimpan data.

Namun sekarang ini, penulis akan membagi sedikit pengetahuan bagaimana Cara mengoperasikan Google Calendar. Google Calendar sendiri ini berfungsi sebagai pengingat, sebagaimana yang telah ada pada ponsel anda. Namun Kita dapat secara langsung mengundang teman-teman kita untuk menghadiri acara yang akan anda buat menggunakan Google Calendar ini. Berikut adalah langkah-langkahnya :

 

  • Membuat Calendar Baru ??

1. Langkah pertama tentu saja anda harus memiliki Akun Google, dan sign in terlebih dahulu.

1

2. Langkah selanjutnya adalah klik tulisan Kalender / Calendar pada pilihan menu.

cal1

3. Pilih ‘My Calendars’ dan kemudian klik ‘Create New Calendar’.

cal2

4. Maka akan muncul tampilan awal seperti gambar berikut ini:

cal3

5.  dan isilah data-data seperti nama calendar, description, zone time, dll. Misalnya saja seperti berikut ini:

cal4

6. Pada tahap selanjutnya anda akan mengisi kolom persetujuan, apakah kalender anda ingin di share atau hanya untuk anda pribadi. Centang kolom apabila anda ingin menshare kalender anda. Dan jika hanya ingin menshare kalender dengan orang tertentu, tambahkan alamat email orang tersebut.

cal51

7. Kemudian Klik ‘Create Calendar’.

cal7

dan Anda telah memiliki Calendar baru untuk dikelola sesuai kebutuhan 🙂

 

 

 

  • Membuat Jadwal ??

1. Klik tombol Create yang terletak pada atas calendar

cal8

2. Maka akan muncul tampilan awal seperti gambar dibawah ini:

cal9

3. Isikan data-data , seperti nama acara, waktu, tempat, keterangan, dll

cal10

4. Apabila anda ingin membuat jadwal secara berulang, centanglah kolom ‘Repeat’ dan kemudian isikan semua data. Berapa lama Anda mengulang jadwal tsb, berakhir pada, dll.

cal13

5. Lalu klik tombol ‘Save’

cal11

6. Dan jadwal anda sudah tertambahkan pada Gmail Calendar anda..

cal12

 

 

 

  • Menambahkan Task ??

Cara menambahkan Task hampir sama mudahnya dengan menambahkan jadwal agenda pada kalender, seperti berikut ini contohnya:

1. Pilih ‘Task’ pada My Calendar

task1

 

2. Kemudian akan muncul sepertii gambar dibawah ini

task2

 

 

3.  Pilih icon paling pojok kiri bawah, lali pilih ‘New list…’ untuk menambah list baru pada task Anda.

task3

4. Tuliskan nama list yang akan Anda buat, lalu klil OK.

task4

5. pilih ‘Add Task’ lalu tuliskan tugas Anda dan pilih tombol panah ke kanan untuh edit detail selanjutnya.

task5

 

6. Pada Edit Detail Anda bisa menambahkan ‘Due Date’ atau waktu tempo pengerjaan tugas tersebut harus selesai dan juga Anda bisa menambahkan keterangan lain-lain. Lalu pilih pada list mana tugas tersebut dimasukkan. Misalnya saja pada list yang sudah kita buat tadi.

task6

 

7. Task Anda sudah muncul tertera pada calendar task Anda, seperti gambar dibawah ini:

task7

Begitu seterusnya, Anda dapat menambahkan semua Jadwal agenda dan tugas-tugas yang anda kerjakan pada Google Calendar. Hal ini sangat bermanfaat dan dapat juga mengingatkan kita akan jadwal dan tugas yang harus dikerjakan..

 

sekian. Terimakasih 🙂

 

 

Referencess:

http://ilmukomputer.org/2013/05/26/mengoperasikan-google-calendar/

Tinggalkan komentar